Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

11 Apr 2012

Singa dan Tikus

  • i
Alkisah ada cerita dari negeri antah berantah …
Seekor tikus berlari melewati kepala seekor singa yang tengah tidur dan membangunkannya. Dengan libasan cepat kaki depannya singa itu mencengkram tikus dan mengaum gusar.
“Tolong jangan memakanku, aku tidak bermaksud buruk”, tikus itu memohon. “Jika kamu melepaskan aku, aku akan membalas kebaikanmu suatu hari nanti”.
Perkataan dari makhluk kecil yang seakan tidak berarti tersebut serta merta ditertawakan singa, “mana mungkin kamu bisa bantu saya, sahutnya”, namun singa mempertimbangkan dan sang raja hutan pun bersedia melepaskannya.
Tidak lama kemudian, singa itu berkeliling mencari mangsa untuk makan malam dan tertangkap jaring perangkap yang dipasang seorang pemburu. Karena tidak mampu bergerak, singa tersebut mengeluarkan raungan kekesalan. Tikus itu mendengarnya dan mengenali suara singa, tikus bergegas datang untuk menolong hewan buas yang tertangkap itu.
“Paduka Raja”, tikus berkata dengan sopan, “Izinkan aku membantumu”. Tikus kemudian menggigit jaring dengan gigi – giginya yang mungil hingga ia berhasil membuat lubang yang cukup besar agar singa bisa meloloskan diri.
Pesan moral :
  • Tidak ada perbuatan baik, sekecil apa pun, yang sia – sia.
  • Jangan pernah meremehkan seseorang, dengan statusnya saat ini. Sumber

0 comments:

Posting Komentar