Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

12 Okt 2011

Cara Membuat Email di Yahoo

  • i
Email, apa itu email??? Kita sering mendengar kata email dalam dunia nyata maupun dalam dunia maya. Barangkali sebagian dari kuta sudah mengerti apa itu email, tapi ada pua yangbelum mengerti apa iti email. Email datau electronik mail dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik adalah surat yang pengirimannya menggunakan media elektronik ataupun internet. Kita bisa mengirim naskah, teks ataupun gambar. Saat ini banyak penyedia layanan email gratis diantaranya yaitu www.mail.yahoo.com, www.mail.google.com, dll. Penyedia layanan email biasanya menyediakan dua layanan, layanan gratis dan layanan berbayar.

Perbedaan layanan email gratis dan berbayar biasanya terletak pada kapasitas ruang penampungan emailnya dan pemberian nama atau alamat email. Contoh alamat email dari penyedia layanan email gratis yahoo.com adalah dwikatons@yahoo.co.id. dwikatons merupakan user name dan yahoo.co.id adalah nama penyedia layanannya.

Berikut ini akan dibahas langkah langkah dalam membuat email di Yahoo:
1. Langkah pertama tentunya buka bowser kamu dengan Internet Exploer, Mozilla Firefox, Opera atau Google Chrom. Kemudian masukan alamat penyedia layanan email Yahoo yaitu www.mail.yahoo.com
Sesaat kemudian akan muncul halaman Yahoo mail seperti berikut



2.Perhatikan gambar sebelah kanan,jika Anda sudah mendaftar maka bisa langsung membuka email dengan mengisi username dan password.

Tapi jika belum maka harus menfartar terlebh dahulu dengan mengklik tombol Create New Account di sebelah bawah. Seperti gambar di samping.

3. Setelah mengklik tombol Create New Account akan muncul halaman berifi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti gambar berikut ini.


Lalu teman-teman diminta untuk mengisi data-data identitas diri, seperti nama, jenis kelamin, tanggal lahir password dan seterusnya. Gambar di bawah ini adalah contoh pengisian formulir pendaftaran email yahoo.
Setelah semuanya terisi dengan benar maka klik tombol Create My Account

4. Setelah mengklik Create New Account maka akan muncul halaman konfirmasi lalu klik tombol Continue sepertigambar berikut.


5. Sesaat kemudian akan diarahkan ke kontak masuk email kamu.. disitu pasti ada satu pesan masuk… isinya dari pihak yahoo.com sendiri, biasanya ucapan selamat datang atau menikmati,


6 Untuk membuka email klik tombol Inbox akan muncul daftar email yang ada di In Box. Untuk melihat isi email nya, klik pada pada Subjeknya email yang ingin kamu buka. agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini.

 Cara mengirim email 

7.Untuk cara mengirim email. klik pada Tombol Compose Massage seperti terlihat pada gambar kemudian pilih Email.

 8. Setelah itu akan muncul kolom untuk menuliskan alamat email tujuan pada kolom TO, pada kolom CC kosongkan saja, pada kolom SUBJECT isi dengan tema surat yang akan dikirim. Dan untuk menulis pesan email tulis di kolom paling bawah.


Jika dalam email yang akan dikirim terdapat lampiran maka untuk melampirkannya klik tombol Attachment Kemudian akan muncuk tombol Attach File klik tombol tersebut dan pilih file yang akan dilampirkan. tunggu beberapa saat hingga file terupload 100%.


Setelah semua selesai tinggal klik tombol Send dan jika email sudah terkirim akan muncul halaman konfirmasi seperti berikut


9. Jika sudah selesai melakukan aktifitas pada email kamu, Klik pada tombol Sign out sebelum kamu menutup browser  kamu, sebagai antisipasi untuk keamanan akun yahoo kamu.


 10. Nah, sekarang email kamu sudah jadi. dan apabila nanti kamu ingin membuka lagi. tahapannya, buka alamat   www. mail.yahoo.com atau sign in di www.yahoo.com pada browser kamu, entah itu Mozila fire fox atau Internet Explorer. kemudian masukkan alamat email dan password yang kamu buat tadi. kemudian klik Sign In.



 Semoga panduan membuat email Yahoo di atas dapat dipahami dan bermanfaat

0 comments:

Posting Komentar