Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

27 Des 2011

Bersikaplah Rendah Hati

  • i
Di dalam sebuah rimba tumbuh sebatang pohon ek yang besar di pinggir sebuah sungai. Di samping pohon ek tumbuh serumpun buluh muda. Rumpun buluh selalu menunduk penuh hormat setiap kali angin bertiup menerpanya. Pohon ek tidak setuju dengan kebiasaan buluh itu.
Pada suatu hari pohon ek berkata kepada rumpun buluh, “Kamu buluh, mengapa kamu selalu menunduk setiap kali angin bertiup? Berdirilah tegak betapapun kencangnya angin bertiup!” “Oh pohon Ek yang perkasa, “ jawab rumpun buluh dengan rendah hati, “Kami ini hanya kecil semampai, dan bila kami harus melawan angin, kami tentu harus menanggung akibatnya.”
“Jangan pernah kalah!” tegas pohon ek dengan sikap dingin dan kembali sibuk dengan urusannya. Jelas rumpun buluh tidak mau mendengarkan nasihatnya.
Pada suatu malam datanglah badai besar. Angin bertiup kencang, menggoyangkan rumpun buluh hampir sampai ke tanah, dan rumpun buluh itu tidak marah. Akan tetapi, pohon ek berjuang keras melawan angin, meskipun kali ini angin terlalu keras baginya.
Daalm sekejap pohon ek berderak-derak patah. Ia tergeletak di tanah dalam keadaan menyedihkan. Sementara rumpun buluh terus tunduk kepada angin dan tidak patah.
Pagi harinya, ketika badai telah berhenti, keadaan rumpun buluh tetap baik seperti semula. Akan tetapi, pohon ek yang dulu kokoh dan rimbun kini tinggal sebatang kayu hutan yang patah dan telah mati.

Lebih bijaksana bersikap rendah hati dan berserah dengan sepenuh hati, daripada berkeras kepala tetapi akhirnya hancur bila mendapat kesulitan. Sumber

0 comments:

Posting Komentar